Tentang Masa Depan Komunitas Global

Ilustrasi: Network Cabling
"Pembahasan posting ini, seputar Blog, Ngeblog, Blogger dan Masa Depan Komunitas Global. Permasalahannya, siapa orang yang dapat mengurai semua kerumitan ini menjadi kehidupan yang lebih indah dan manusiawi"

People & Blog - Istilah Blog mulai populer pada awal Tahun 2002, aku sendiri mulai aktif memberdayakan blog untuk kepentingan sendiri maupun orang lain sejak Tahun 2008, kalau dihitung sudah berapa lama sampai sekarang?

Blog

Pada zaman dulu, saat teknogi internet belum semudah sekarang, hanya orang-orangg terdidik saja yang kenal sama internet. Ketika belum tahu betul seluk-beluk blog, aku pernah takjub dengan penampilan sebuah blog yang ada musiknya, karena pada waktu kenalan pertama dengan internet sebagai pengguna pemula, kerjaanku hanya download mp3, cari lirik, cari video gratis, sudah itu saja. Belum sampai pada tahap menggunakan internet untuk keperluan bisnis.


Sekarang, setelah mendalami betul-betul apa itu Blog, dan seberapa besar dampaknya bagi kehidupan pergaulan global, aku sudah tidak takjub lagi dengan blog yang ada musiknya, malah sekarang lebih suka dengan blog yang berisikan pendapat blogger yang cerdas dalam merespon perkembangan dunia, dan mampu berperan aktif  memperbaiki tatanan kehidupan ini dengan anilisnya yang tajam.

Ngeblog

Istilah Ngeblog, asli kreasi orang Indonesia, kalau ditelusuri, dari bunyi "Nge" ditambah "Blog" menjadi "Ngeblog" memang asli buatan Indonesia.

Blogger

Orang Ngeblog, dinamai Blogger, siapapun dapat membuat blog dengan mudah, tapi tidak semua pembuat blog dapat disebut Blogger. Seseorang sudah layak disebut blogger, jika konsisten untuk terus Ngeblog.

Sekarang ini, banyak ditemukan blog yang tidak ada isinya, Dia bisa buat blog, lalu ditinggalkan begitu saja. Mungkin kalian pernah membuka sebuah blog, namun hanya ada 1 posting saja. Posting adalah istilah yang digunakan ketika blogger menerbitkan tulisannya secara online. 

Ada juga orang ngeblog, tapi dia sibuk memasang iklan-iklan munculan untuk mendapatkan uang. Tipe blogger jenis ini biasanya mereka sibuk sekali mencari website yang memberikan dollar paling banyak. Blog dipenuhi tampilan yang tidak dibutuhkan orang, mungkin untuk Blogger yang tipe ini sebaiknya insyaf mulai dari sekarang, lebih fokus untuk memberikan informasi bagi pengunjungnya.

Masa Depan Komunitas Global

Sekarang ini, pergaulan semakin tanpa batas. Bisnis akses informasi semakin menjanjikan, siapapun orang yang menguasai akses dialah yang punya kepentingan besar untuk membuat opini yang diarahkan untuk kepentingannya.

Pasaran kerjapun berubah, siapapun didunia ini, bisa mendapatkan pekerjaan di negara manapun, tanpa ada batas-batas negara. Siapapun bisa bertransaksi secara on line, dengan kecepatan waktu nyata. 

Blogger diharapkan mampu menjawab semua tantangan masa depan komunitas global, dan memberikan analisis mendalam tentang dampaknya minimal 5 tahun kedepan, agar kehidupan sekarang ini menjadi lebih baik di kemudian hari.