Sarapan di Soto Bude, PNS Kena Geruduk Satpol PP

Warung Soto Bude, Tempat makan favorit PNS
Pekanbaru - Pagi hari, sekitar pukul 08.30 WIB, Selasa, 11 Agustus 2015 ada kejadian unik yang kualami. Warung soto 'Bude' jadi incaran Satpol PP untuk menertibkan para PNS yang sedang makan ketika jam kerja.

PNS masuk kerja mulai pukul 07.30 WIB, kegitan dimulai dengan apel pagi sekitar 15 menit. Selanjutnya dilanjutkan dengan .... (titik-tiik di isi terserah PNS mau ngapain). Bagi PNS yang belum sarapan di rumah, biasanya pergi ke warung-warung ataupun kedai-kedai.

Perjalanan dari kantor ke warung soto bude sekitar 15 menit, ditempuh dengan jalan kaki. Biasanya aku jarang pergi kesana, itupun karena diajak oleh teman yang nampaknya kasihan jalan sendirian dan tak ada teman makan.

Sampai disana, di warung soto bude, aku memesan gorengan, dan rekan kerjaku memesan lontong. Selang beberapa menit, tiba-tiba terdengar suara yang berasal dari mobil satpol PP, yang meneriaki PNS agar kembali bekerja. Mobil satpol PP menghampir warung soto bude, dan meneriaki melalui pengeras suara, "PNS kembali bekerja..!!, Bagi PNS yang masih di warung, harap segera kembali bekerja..!!", dan berlarian lah para PNS untuk menyelamatkan diri dari gempuran satpol PP yang mengarak para PNS agar tak membuang-buang waktu ada di warung soto bude.

PNS takut jika terpublikasi ketika sedang santai, makan-makan di warung ketika jam kantor. Biasanya satpol PP mendata para PNS yang masih bertebaran di warung-warung makan untuk dilaporkan kepada atasannya, kali ini mereka beruntung, karena satpol PP hanya meneriaki mereka agar cepat kembali bekerja.

Aku sendiri dengan status 'abu-abu', PNS bukan, tapi bekerja di lembaga pemerintah  merasa malu juga, karena memang jam bekerja seharusnya dimaksimalkan untuk menyelesaikan pekerjaan bukannya pergi keluar makan di jam kerja.

Coba kalau satpol PP meneriaki kami, "PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak harap segera kembali ke kantor!", pasti kami yang bukan PNS akan lari terbirit-birit dari teriakan satpol PP yang sedang melaksanakan tugas menggiring para PNS ataupun Pegawai Pemerintah yang sedang enak-enakkan makan di jam kerja.

Simak video ini, suasana sarapan pagi di warung soto Bude, tempat favorit para PNS, karena jauh dari keramaian jalan, dan Jempol buat satpol PP yang sudah mengintai tempat nyaman para PNS ketika sarapan pagi.