Hujan Sebentar, Derita Kabut Asap Agak Menghilang

Hujan datang, kabut asap pun menghilang
Sungguh, ini pemandangan yang indah, guyuran hujan ketika kabut asap menghadang. Semua orang menunggu hadirnya hujan, meski hanya sebentar, membuat kami dapat bernafas kembali secara normal. Masker tak mampu mengobati derita kabut asap, malah membuat kami makin pengap dengan menghirup berulang-ulang udara yang keluar dari hidung dan tak ada sirkulasi udara bersih lewat masker.

Guyuran hujan membasahi geteng seng dan bebatuan di kantorku
 Sepanjang pagi hingga sore hari, akhirnya jelang petang hujanpun mau datang, dan kabut asap sedikit menghilang, tapi malamnya datang lagi.

Spanduk kampanye anti korupsi pun terlihat semakin ganas dengan hiasan guyuran hujan
 Spanduk anti korupsi tak tahan juga dengan derita kabut asap, seolah ikut menikmati guyuran hujan, dan membuat spanduk semakin nampak garang dengan pemandangan kucuran air hujan dari genteng seng atap kantorku.

"tapi ini bocor..", kata Bang Syafar
Dan ini, yang perlu dilaporkan sama atasan, ternyata pekerjaan para tukang pembuat talang hujan, belum teruji. Dengan hadirnya hujan sebentar, terlihat masih ada yang bocor, kasihan Bang Syafar, rumahnya sempat kebanjiran jika hujan mendadak datang, dan belum periapan menyediakan ember untuk menampung kucuran hujan dari talang.