Change Org: Petisi Media "Abal-Abal"

change.org petisi website islam toleran
Melihat sekilas penambilan website islamtoleran.com, penuh dengan iklan, dan mewakili pendapat pribadi bukan redaksi, pantaslah kalau dipetisi melalui change.org, karena membawa nama Islam. Dan menurutku tak menyuarakan sesuatu. Hanya kumpulan berita yang dipilih untuk diterbitkan kembali sesuai selera admin website.

Sampai dengan hari ini, Minggu, 18 Oktober 2015 sudah ada 9.832 pendukung petisi yang meminta kominfo untuk memblokir website islam toleran, dan aku sendiri tak ikut menandatangani petisi ini, karena kesimpulan awalku setelah melihat sekilas penampilan website dan konten artikel, kunilai website islam toleran hanya mengejar SEO untuk mendapatkan keuntungan dari iklan adsense maupun iklan-iklan lokal lainnya.

Dewasa ini sedang marak-maraknya media online yang memberi label "islam", kalau ditotal semuanya, mungkin sudah ada ratusan mendekati ribuan, dari website yang mempunyai redaksi hingga blog-blog pribadi yang mencoba membuat konten mengejar kata kunci "islam".

Masyarakat yang faham dunia bisnis periklanan di internet, tak akan sereaktif orang yang membuat petisi ini, tapi masyarakat awam akan dibuatnya berang dengan pemberitaan yang dihasilkan website islam toleran.

Ribuan orang yang mempetisi website islam toleran mungkin memang orang-orang yang faham dan berpengetahuan lengkap tentang ilmu agama islam, namun pelaku bisnis periklanan website akan mudah mengenali kemana arah website ini, apakah memang menjual konten, ataupun menjual space iklan.

Coba perhatikan laman kontak website islam toleran berikut ini.

laman kontak website islam toleran
Betul dugaanku, dari foto screenshot diatas, bisa ditengarai, website islam toleran ini fokus hanya menjual space iklan. Coba bandingkan dengan website pemberitaan yang profesional, tentu akan menyediakan informasi siapa pemilik perusahaan, pemimpin redaksi, wartawan, peliput, fotografer dan staf-staf lainya. 

Perhatikan juga laman penjelasan tentang website islam toleran berikut ini.

Tentang islam toleran
Membaca gaya tulisannya, memang tak fokus, hanya sekedar penjelasan sambil lalu, dan main comot ayat untuk menegaskan pendapatnya pribadi, bukan hasil diskusi dari orang-orang yang berkompeten untuk membicarakan "ketolerannya" pada islam.

Situasi ini, akan membuat website islam toleran semakin diburu dan dikunjungi netizen, dan bisa jadi petisi ini digunakan untuk menaikkan trafik website islam toleran. Intinya, situasi ini yang paling diuntungkan website islam toleran. Dan posting inipun adalah korban juga dari buah petisi blokir website islam toleran.. :D aduh.. kena juga dikibulin website islam toleran, sudah hampir 5 kali aku melongok website gak jelas ini.

Dan berharap, setelah membaca postingku ini, tak perlu juga berpartisipasi melongok website ini, lama-lama website islam toleran jadi peringkat 1 di alexa page rank, dan inipun yang faham para blogger master. Bisa jadi si pembuat website ini masih blogger newbie, jadi gak faham kalau apa yang dibuatnya ini meresahkan orang-orang yang mempunyai banyak pengetahuan tentang islam. Dan si pembuat website ini cuma main keyword tool, menurut prediksinya kalau membuat website dengan kata kunci "islam" akan menghasilkan banyak pengiklan, dan otomatis akan mendapatkan penghasilan lumayan tiap bulan :D, 

Yah.. selamat buat website islam toleran dengan strategi barunya, dapat optimal dipencarian google dan mesin pencari lainnya. Dan bagi blogger yang baru memasuki dunia blogging, tak perlu juga meniru gaya atau strategi kurang bermanfaat ini, memang untung.. tapi sebentar lagi buntung, keuntungan sesaat, dan selamanya tak bermanfaat.