Memaksimalkan Chanel YouTube Untuk Mempublikasikan Konten Blog

 


Posting ini, membahas Chanel YouTube yang ku buat sejak tahun 2008, dan baru-baru ini mulai serius mengelola chanel yang sudah lama tak ter urus. Video tak pernah di perbarui, dan viewers pun sedikit.

Apa pentingnya mengelola chanel YouTube? mungkin ini pertanyaan pertama yang perlu kujawab. Setelah lama mengelola blog, dan memperhatikan perilaku pengguna internet akhir-akhir ini yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton YouTube, maka akupun mulai mempertimbangkan kekuatan chanel YouTube untuk mempublikasikan beberapa konten di blog.

Di YouTube, pada bagian halaman utamanya, tepatnya di cover sampul YouTube disediakan link khusus untuk menautkan ke laman yang ingin kita tautkan. Dan beberapa hari ini aku sibuk untuk menautkan blog, website dan beberapa akun media sosial di YouTube.

Minggu pagi, 8 Oktober 2015, aku bergegas untuk membenahi dan mengatur tampilan chanel YouTube, kunamai chanel "Light Soul Creator" seperti nampak pada gambar paling atas. Hari ini kubuat dua desain untuk branding chanel YouTube ku.

Dan beberapa musik dalam format mp3 yang sudah lebih dari lima tahun yang lalu, dan tak mempunyai gambar atau clip, kubuatkan slide beberapa foto yang relevan dengan cerita di beberapa lagu yang pernah ku produksi.

Mulai hari ini, aku berusaha untuk membuat konten yang kaya, dan semaksimal mungkin untuk membuat tampilan sederhana, dan berguna. Dua kata kunci itulah yang ku pegang sebagai prinsip blogging. Kebanyakan blogger putus asa dengan tampilan yang biasa-biasa saja, dan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat tampilan yang ramai dan penuh aksesori, tujuan mereka tentu untuk menyukakan pengunjung dengan suguhan template yang beraneka warna. Tapi kebanyakan blogger lupa, untuk menjadi publisher google, prinsip utamanya konten berguna. Bukan tampilan yang menyukakan mata.

Blog ini, sebagai rumah pertamaku, dan sengaja tidak kujadikan kustom template karena banyak pertimbangan yang akan ku bahas kemudian. Baiklah, ini beberapa video yang hari ini ku upload di chanel YouTube "Light Soul Creator", dan ada baiknya, bagi kalian yang sudah punya akun google, segera untuk memperbaiki chanel YouTube, pertimbangkan kekuatan YouTube untuk mengkampanyekan konten blog kita. Agar YouTuber, tidak hanya menonton video saja, karena aku berpikir, membaca text akan lebih meningkatkan daya pikir kita, dibandingkan jadi penonton saja di YouTube. Alasannya kalau kita hanya menjadi penonton, kita akan jadi pasif dalam berpikir, karena semua gambaran sudah tuntas di imajinasikan dalam bentuk video dan suara. Berikut karya video ku hari ini. Selamat menyaksikan.

Beberapa karya musikku, ku daur ulang dengan menambahkan slide foto kualitas VGA, dengan sedikit editing.


Dan ini, kubuat Minggu pagi, 8 November 2015, bersama anakku Altaf. Aku berencana untuk mengupdate mingguan aktivitas Altaf . Nilai tambahnya, selain aku dapat menghabiskan waktu dengan anakku, namun tetap bisa berkarya, dan yang penting lagi ada pasif income dari adsense YouTube. Kapan-kapan akan kubahas lebih detail bagaimana mendapatkan pasif income dari YouTube, setelah salah satu video yang ku upload sudah mencapai sedikitnya seribu viewer.