Mengoptimalkan Channel YouTube Melalui Branding Image

Posting ini membahas bagaimana cara memaksimalkan saluran YouTube. Ada salah satu hal yang sepertinya kurang penting, tapi menurut saya justru hal ini sangat penting, yaitu branding channel YouTube.

Branding channel adalah salah satu hal paling penting untuk memberikan kesan mendalam bagi penonton YouTube. Dalam bentuk logo yang ditampilkan di kotak video YouTube paling bawah sebelah kanan.

Berikut beberapa branding image atau gambar yang memvisualkan apa yang ingin saya kesankan dari channel YouTube punya saya.

Gambar disamping, desain channel YouTube saya yang saya buat kemarin malam, namun setelah saya ujikan dipasang di video, kesannya kurang kuat, karena hurufnya terkesan acak-acakan, dan kurang terlihat mencolok.


Gambar disampin kiri, saya coba untuk membuat lebih jelas, dan tegas, dengan hanya memfokuskan pada kesan huruf W dengan keterangan lengkap nama channel YouTube saya, Whooaah Channel.










Setiap kita menonton video YouTube, jika kita senang dan suka dengan apa yang telah kita tonton, pastilah nantinya akan teringat lagi dan selanjutnya akan kembali mengunjungi channel YouTube yang ada video kesukaan kita, tapi jika branding image atau logo channel kurang kuat, pastilah akan membuat kita kesulitan untuk mengingat, dan kalau sudah kesulitan mengingat tentu kita akan kesulitan menemukan kembali video yang dulu pernah kita tonton dan sukai.

Nah, untuk keperluan tersebut diatas, tentu kita dapat membantu penonton YouTube kita dengan memberikan kesan yang kuat melalui logo channel yang kita buat. Dan jika pencari video kita kesulitan mencari video yang disukainya, pasti dia akan terkesan dengan logo yang kita buat. Selanjutnya, mereka akan mencari kata kunci video yang akan ditontonnya lagi, dan jika mereka mengingat logo channel yang kita buat, tentu pilihan mereka akan jatuh untuk menonton video kita yang telah siap dengan branding image yang kuat.

Untuk membuat logo channel diatas, saya menggunakan software gratisan, nama software nya AAA logo, anda bisa browsing dan menemukan software tersebut. Kenapa saya suka dengan software ini, alasan kuatnya karena software ini sangat ringan, dan mudah pengerjaannya, dan hasilnya pun tak kalah dengan software yang biasa dipakai oleh umat desain grafis yang terkenal Coreldraw.

Sedangkan ukuran yang saya terapkan, 250 px X 250 px, karena sesuai saran dari YouTube sendiri, yang mengharapkan agar menampilkan ukuran tersebut, tapi kalau mau bereksperimen dengan ukuran yang berbeda juga tidak masalah, yang penting tidak mengganggu fokus pengunjung menonton vidoe kita.

Terima kasih, sementar ini dulu eksperimen saya hari ini, nanti akan ada lagi hal baru yang dapat kukerjakan untuk memaksimalkan channel YouTube saya ini.