Let's Make It Happen !

People & Blog - Dapat kiriman artikel melalui email marketing, ini isi artikelnya. Semoga berguna. Dan tak lupa terima kasih pada pengirim artikel Bapak Vidion Widyantara.

Let's Make It Happen !
Life is too short to just Wait something Happen.
Let's MAKE Your DREAM HAPPEN !

Hi, Hendro Susanto...

Saya bertanya-tanya dalam hati,..  apa Anda baru pertama kali se-antusias seperti ini untuk jadi Pebisnis? Atau malah Anda sudah beberapa kali ikut Seminar Motivasi tapi tetep masih tetap mau jadi karyawan dan masih menunggu kapan waktu yang tepat untuk jadi Pebisnis?...

Hehehe,.... Mudah-mudahan Anda tersinggung ya,.. karena artinya tujuan Saya memprovokasi Anda TERCAPAI,..
Ya,.. tujuan Saya kan dari awal membuat Anda BERANI Pindah Kuadran dan menjadi Pebisnis.

Hari ini saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya selama terjun ke dunia BISNIS yang sesungguhnya. Karena ini yang terpenting ! Supaya jika Anda meneruskan ke-NEKAD-an Anda, Anda tidak perlu mengulangi kesalahan-kesalahan yang Saya alami,.. 

Saya pertama kali terjun ke dunia bisnis, dengan cara membeli Franchise lokal seharga 30 juta, dan join dengan 2 orang partner lain (jadi modal saya cuma 10 juta aja). Produknya pun yang sangat jauh dari dunia perbankan yang saya tekuni sebelumnya. Saya yang bertugas di bidang marketing sedang partner saya yang di bagian produksi. Kami menjual jasa untuk mengerjakan semua kebutuhan dari Balon. Ya beneran! jualan balon...

Tapi layaknya kebanyakan orang yang belum punya pengalaman, baru berselang 6 bulan, kami bubar jalan,.. karena ketidakcocokan visi dari kami bertiga. Dan juga kurangnya komitmen.
Sehingga saya harus mencoba usaha lain, dari buka toko mainan anak-anak sampai jadi dealer sepeda listrik,..

Memang bisnis saya ibaratkan seperti orang menikah. Kalau Anda sudah komit untuk jadi Pebisnis, ya apapun tantangannya ya harus dijalani.. Toh pada saat Anda kerja jadi karyawan, betapa pun jenuhnya Anda dengan boss Anda, tetep aja masuk kantor kan?? :)

Kenyataannya, godaan dan tantangannya merintis bisnis memang berat sekali. Terutama di mental dan pikiran. Saya merasakan perubahan zona nyaman yang drastis, dan ini yang membuat kita menderita (penderitaan mental dan ego).
Dari gaya hidup makan di mal setiap hari, sampai harus pulang ke rumah setiap kali lapar dan mau makan,.. Dari jadi marketing, sopir, bagian produksi, OB, sampai jadi tukang tagih,..semuanya harus saya jalani sendiri karena ga mungkin membayar pegawai segitu banyak di bulan-bulan awal..

Belum lagi ketika putri kami lahir, susu bayi ternyata mahal bangeeettt... Bener-bener pukulan yang bertubi-tubi rasanya deh,...

Disinilah letak perbedaan kedua... Biasanya, orang yang pensiun dari karyawan dan mulai bisnis, hanya bangga dan seneng di 3 bulan pertama, kenapa?
Karena uang pesangonnya masih cukup membiayai gaya hidupnya, malah bisa berbangga ria di hadapan teman-teman sekantornya dulu. Bisa bangga karena sekarang punya FLEKSIBILITAS WAKTU dan KEBEBASAN dari tekanan pekerjaan, serta ga perlu ketemu boss lagi.. hahahaa..

Tapi setelah bulan ketiga gimana?
Sedangkan sebuah bisnis pada umumnya butuh minimal 2-3 tahun untuk bisa berkembang dan stabil. Jadi di saat Bisnis belum jalan, pemasukan belum lancar, pengeluaran masih lebih besar dibanding pemasukan, gaya hidup masih terbawa gaya lama... mental kita benar-benar diuji kedewasaannya.
Belum lagi jika masih ditambah gengsi juga kalau gaya hidup kita sampai turun, mau ditaruh mana muka kita saat bertemu teman-teman sekantor dulu?

Nah, di tahap-tahap inilah kita benar-benar DIUJI, apakah kita BENAR-BENAR TETAP INGIN JADI PENGUSAHA ?

Tidak dipungkiri jika banyak orang yang gagal dan kembali ke habitat semula (jadi karyawan) dalam 3-6 bulan setelah mencoba bisnis.. Penyebab utamanya adalah KENEKAD-AN nya cepat luntur,.. Komitmen nya juga hanya seumur jagung.
Padahal komitmen di awal kan kita sudah meminta waktu 3 tahun buat membuktikannya, bukan? Trus, kenapa baru 3 bulan, 6 bulan ato 1 tahun udah Putus Asa?

Buat Anda yang merasa sudah pernah mencoba jadi Pengusaha tapi masih gagal di 6 bulan pertama,.. jangan kuatir,… Saya juga mengalaminya, bukan cuma Anda kok.. jadi kita SENASIB. Hi hi hi,…

Nah, untuk memiliki motivasi yang terus-menerus dan tidak mudah luntur,.. Anda harus memiliki Alasan-alasan yang sangat kuat dalam diri Anda, sehingga apapun tantangan yang muncul, Anda bisa tetap tegar.. Saya akan berikan beberapa pertanyaan yang harus Anda renungkan sehingga Anda memiliki Alasan yang kuat untuk jadi pebisnis/pengusaha.
Silakan renungkan pertanyaan-pertanyaan ini : 
Apakah Anda sudah PUAS dengan kondisi ANDA saat ini?  (Jawab 5 pertanyaan mendasar dibawah) :
- Apakah Keuangan Anda cukup untuk hidup sesuai keinginan/impian Anda?,
- Apakah Anda menjalani Kebebasan hidup tanpa TEKANAN siapapun, dan mengontrol hidup Anda? Atau Anda masih dikontrol orang lain?
- Apakah Anda punya Waktu untuk menemani anak, pasangan & orang tua Anda saat mereka butuh?
- Apakah Anda punya Waktu untuk berbagi kepada sesama?
- Apakah saat ini Anda sudah memiliki Gaya hidup yang seperti impian Anda?

Kalo BELUM PUAS, pertanyaannya berikutnya :
Apakah kerjaan/bisnis Anda saat ini MEMUNGKINKAN tercapainya IMPIAN ANDA 5 atau 10 tahun dari sekarang??

Jika belum,.. artinya Anda perlu KENDARAAN LAIN untuk mencapai IMPIAN ANDA alias Ganti PROFESI jadi PEBISNIS.

Jadi MAU TIDAK MAU Anda harus jadi Pebisnis/Pengusaha.
Common people just Wait..
Successfull people TAKE ACTION.
Salam sukses,
Vidion Widyantara
@vidionw
08122863088