Baju Nyangkut di Gear Motor, Ibu Ini Terjatuh

Diatas motor, ku foto kejadian ini untuk menjadi perhatian para wanita pada saat membonceng motor.


Berhati-hatilah wahai para perempuan ketika membonceng motor, perhatikan apakah pakaian yang dikenakan menyentuh gear motor. Kamis sore, 13 Agustus 2014, sepulang dari Perpustakaan Wilayah Provinsi Riau untuk meliput kegiatan Diskusi antara Pengawas Pemilu dengan Masyarakat, aku dikejutkan dengan kecelakaan 'solo', maksudnya kecelakaan tanpa melibatkan lawan.

Tepat didepanku, ada pengendara motor yang berboncengan. Motor dikendarai pelan, namun tiba-tiba miring ke kekiri. Aku sempat heran, kenapa pengendara motor dan penumpangnya dapat terjatuh?. Dari kejauhan, kupikir karena sedang mengantuk saat mengendara sehingga tidak bisa menjaga keseimbangan motor.

Dan terjatuhlah pengendara motor dan akupun 'melongo' sebentar, karena jantungku berdebar-debar menyaksikan dua orangtua terjatuh dari motor. Dari kejauhan, si pengendara melambaikan tangan meminta pertolong, tapi sebagian pengendara jalan melewatinya saja. Lalu, aku tergerak untuk menolongnya, kuhentikan motorku, bergegas aku menolong mereka.

"Tolong, angkat sepeda motornya dik.." kata Ibu yang membonceng motor. Kuperhatikan pakaianya nyangkut diroda belakang. Selang sebentar, ada beberapa orang yang tergerak hatinya untuk menolong. 

Ada beberapa penolong yang berinisiatif mencari pisau untuk memotong pakaian Ibu yang membonceng motor, karena terlalu lama untuk memutar roda belakang motor agar pakaian yang nyangkut di gear motor dapat lepas. Dan yang agak miris, ketika memperhatikan pakaian ibu itu robek, seperti belahan rok panjang para model busana. 

Selang beberapa menit, aku teringat kunci motorku masih menempel di motor, karena khawatir dibawa lari oleh oknum tak bertanggungjawab, setelah mengangkat motor si pengendara, aku langsung lari kembali ke posisi semula, menaiki motor. Dan sempat aku memfoto kejadian ini, sehingga foto ini dapat menjadi peringatan bagi perempuan, agar lebih berhati-hati ketika membonceng motor, perhatikan apakah pakaian nyangkut di gear motor.