Pasar Bisa Diciptakan, Cipta Bisa Dipasarkan

ArtWork ERK, Pasar Bisa Diciptakan


Membaca kabar terbaru Band Indie Efek Rumah Kaca (ERK), membuatku terperangah. Ada perasaan takjub, terharu dan bersemangat kembali untuk menghidupkan semangat kejujuran dalam berkarya, khususnya berkarya musik.

Kegelisahan ERK, seolah menjawab semua tanya dikepala ketika akan berkarya. Beberapa karya musikku yang telah ku ikhlaskan untuk didownload secara gratis di reverbnation segera ku eksperimenkan kembali.

ERK dengan lagu berjudul "Pasar Bisa Diciptakan", dan "Cipta Bisa Dipasarkan" aku menilai semangat mereka perlu digaungkan kembali agar karya seni mempunyai rasa lagi. Selama ini, aku merasa tidak ada karya yang benar-benar diwujudkan dengan kejujuran. Unsur dagangnya yang diutamakan, istilah lainnya, yang penting laku. 

Melalui posting ini, aku berharap semakin banyak orang yang tergerak untuk menumbuhkan nilai-nilai kejujuran dalam berkarya dan bermasyarakat. Saat ini, kurasa orang terlalu disibukkan tentang bagaimana menguasai pasar, namun kurang memperhatikan apa yang sedang dikerjakan. Seolah apa yang dihasilkan ingin memuaskan hasrat konsumtif dan hedonis.

KPK sibuk menangkapi koruptor, namun budaya yang terus berkembang mengarahkan orang untuk terus memenuhi kebutuhan, yang sebenarnya kebutuhan yang sifatnya eksperimental, ciptaan idustrialis yang menginginkan produktifitas dengan produk masalnya.

Negara kalut dengan benang kusut birokrasi, tak terurai. Demokrasi berlangsung prosedural, hasil pemilu tidak mencerminkan kemauan masyarakat. Dan masih banyak lagi persoalan yang tak terurai, namun semakin hari semakin diperparah dengan budaya pragmatis, individualis dalam bermasyarakat.

Ayo kita bantu teriakkan Efek Rumah Kaca, "Pasar bisa diciptakan, dan Cipta bisa dipasarkan" caranya dengan bekerja dengan penuh kejujuran, berkarya dengan penuh kecintaan, bermasyarakat dan memasyarakatkan kegotong-royongan.

ArtWork ERK, Biru