Baru Sadar, Ada Perubahan Domain Blogger, dari .com jadi .co.id

domain baru blogger, kini blogku dengan domain .co.id

Baru sadar, hari ini, Jumat, 4 September 2015 ada yang berubah dari domain blogger. Perubahan ini, belum ku ketahui dampaknya, kata blogger tetangga, dia bilang memang berdampak pada pencarian dan alexa rank.

Blog ini kubuat, tujuannya bukan untuk jadi nomor 1 di alexa, karena memang selama ini aku menyukai ngeblog, itu aja. mau jadi nomor berapa di alexa, tidak terlalu peduli. Yang penting, aku bisa menuliskan apa yang kupikir perlu dan bermanfaat bagi siapapun, itu saja.

Perubahan ini, menurutku tidak ada masalah, malah lebih pas, karena dengan perubahan domain jadi .co.id, dapat menjelaskan dengan spesifik asal blogger. Ada juga pendapat blogger yang merasa dirugikan dengan adanya co.id, karena menurutnya perubahan ini sangat mengganggu urutan di pencarian, tapi hal ini perlu dibuktikan, apakah kebijakan google ini memang mempengaruhi posisi di mesin pencarian google.

Bagi yang baru saja sadar ada perubahan ini, tak perlu cemas, hal ini tentunya telah dipikirkan masak-masak oleh tim blogger.com, dan tak perlu terlalu reaktif menanggapi persoalan perubahan domain ini.

Blog fenomenal punya mbak Linda asal Nigeria juga berubah domain, jika dibuka dari Indonesia, jadi co.id.

Penelusuranku terhadap blog 'bule', maksudnya blog punya blogger yang berasal dari luar Indonesia, jika dibuka di wilayah Indonesia, ternyata berubah juga domainnya, tak lagi .com, tapi sudah beralih ke .co.id, hal ini menurut kabar dari para blogger diluar belantara internet sana, memang sudah direncanakan sejak lama, sekitar tahun 2012 an, dan ini belum juga ku verifikasi kebenerannya, mungkin ditempat lain ada blogger yang dapat menjelaskan permasalahan ini.

Well, kata bijaknya begini, jika ada masih ada perubahan, pasti akan datang kemajuan. dengan beralihnya dari .com ke .co.id, semoga saja akan mendatangkan kemajuan bagi para blogger, khusunya pecinta blog sederhana yang dihosting secara gratis oleh blogger.com.