Pengin Bikin Sambel Terasi

Sambel Terasi Uleg

Posting tengah malam ini, saya ingin membahas Sambal terasi - Resep masakan dan minuman. Sejak hampir lima tahun yang lalu, saya tak lagi mencicipi sambal terasi asli bikinan orang semarang. Selama tinggal di pekanbaru, banyak menu masakan yang ngaku-ngaku bikin warung makan khas Semarang. Misalnya, di pekanbaru beberapa tempat makan menamai jualannya, "Ayam Penyet Pemuda Semarang", karena tertarik dengan embel-embel nama Pemuda Semarang, saya putuskan untuk makan di tempat itu bersama istri dan anak.

Sambel terasi di Pekanbaru, tak seenak di Semarang. Bahkan rasanya tidak seperti di uleg secara manual, namun di blender pakai mesin blender berlistrik. Rasanya tentu beda, dan terasa aneh. Selalu saja saya komplain dengan warung-warung makan yang membikin sambel terasi, tapi rasanya sambel blender terasi. Beda dengan aslinya yang ada di Semarang.

Kalau membahas masalah terasi, Bapak saya di Semarang lah jagonya bikin sambel terasi. Bapak menamai sambel bikinannya sambel Raden, untuk resepnya, hanya dia yang tahu. Saya sendiri hanya mengamati saja ketika Bapak saya di Semarang dengan hati riang membuat sambel terasi yang dinamainya, "Sambel Raden".

Foto dari masakan Bapak saya, sayang tidak ada, karena waktu dulu belum trend foto-foto trus di upload ke sosial media. Jadi maaf, kalau posting ini tidak bisa mendokumentasikan kehebatan Bapak membuat sambel terasi asli khas semarang. Meski Bapak saya asli dari Sragen Jawa Tengah, namun beliau sudah sejak dari mudah sudah tinggal di Semarang. Menikah dapat Ibu Saya yang asli solo, namun besar di Semarang.

Urusan membuat sambel, Bapak saya lah jagonya. Jadi saya berharap, jika ada orang yang pernah merasakan sambel terasi di Pekanbaru, dan menamai warungnya "Ayam Penyet Khas Semarang" jangan dipercayai dulu rasanya, karena banyak yang palsu. Sebelum memastikan itu benar-benar sambel terasi asli Semarang, anda boleh datang ke rumah Bapak saya di Semarang, beliaulah jagonya bikin sambel terasi asli khas Semarang.

Sebentar, saya cari dulu foto Bapak saya ketika sedang masak, siapa tau ada di laptop saya. Sementara, baca-baca dulu resep masakan yang sudah saya link kan ke Blog spesial resep masakan. Dan kebetulan blogger yang bikin blog resep masakan ini, blogger asal semarang, dan kebetulan lagi, dia teman dekat saya, dan lagi-lagi Ibu teman blogger saya itu juga jago masak... :D silahkan langsung ke TPK aja ya, sembari saya cari foto bapak saya ketika masak.

Kalau mau belajar membuat masakan sama orang terkenal, selain bapak saya, anda juga bisa beli buku yang judulnya ini: 100 Resep Masakan Pilihan Ny. Liem (Indonesian Edition)


 bersambung...